Pembagian Zaman Sejarah Berdasarkan Geologi

Pembagian zaman sejarah berdasarkan geologi dibagi kedalam 4 tahapan yaitu zaman archaikum, palaeozoikum, mesozoikum, dan neozoikum. Empat tahapan perkembangan sejarah berdasarkan geologi tersebut perlu pembaca ketahui agar dapat memahami babak sejarah menurut geologi.

Sebagaimana telah kita ketahui, bumi sebagai tempat hidup manusia telah lama ada. Perkembangan lapisan kulit bumi berdasarkan penelitian ilmuwan tentang lapisan kulit bumi menurut geologi maka pembagian zaman adaalah sebagai berikut:

Pembagian Zaman Sejarah Berdasarkan Geologi

Berikut pembagian tahap sejarah menurut ilmu geologi:

1. Archaikum (zaman yang tertua)

Pada zaman archaikum, bumi masih dalam proses pembentukan dan belum ada tanda-tanda kehidupan.Kira-kira berumur 2500 juta tahun.

2. Palaezoikum (zaman hidup tua)

Pada masa ini kira-kira 340 juta tahun, yang ditandai dengan mulai adanya tanda-tanda kehidupan seperti mikroorganisme, binatang tak bertulang punggung, beberapa jenis ikan, amfibi, dan hewan reptil.

3. Mesozoikum (zaman hidup pertengahan)

Zaman mesozoikum atau zaman sekunder ini umurnya kira-kira 140 juta tahun. Zaman ini sering disebut zaman reptil karena banyak ditemukan hewat reptil seperti dinosaurus dan atlantosaurus.

Pembagian Zaman Sejarah Berdasarkan Geologi

4. Neozoikum atau Kainozoikum (zaman hidup baru)

Pada zaman ini kehidupan mulai berkembang dengan pesat. Zaman Neozoikum dibagi menjadi zaman tersier dan kuarter.

  • Pada zaman tersier, binatang reptil mulai punah, dan kera dam mamalia berkembang pesat
  • Zaman kuarter, pada zaman ini mulai ada kehidupan mamusia. Zaman ini dibagi menjadi zaman Plestosin (zaman diluvium 600 ribu-20 ribu tahun) dan zaman Holosin (zaman aluvium).

Pada awal zaman Holosen, sebagian besar es di kutub utara sudah mencair, sehingga permukaan air laut naik. Dataran rendah di daerah Paparan Sunda dan Paparan Sahul banyak tergenang air dan menjadi laut transgresi. Dari sinilah muncul kepulauan di nusantara. Pada masa inilah hidup Homo Sapiens (Artikelensi).

Beberapa hal yang dibahas dalam artikel ini:

pembagian zaman sejarah; pembagian sejarah berdasarkan geologi; pembagian zaman dalam sejarah; pembagian sejarah menurut geologi; sebutkan pembagian zaman sejarah; pembagian zaman biologi; pembagian zaman sejarah berdasarkan; pembagian sejarah; pembagian zaman menurut ilmu geologi; pembabakan zaman sejarah berdasarkan geologi;