Pengertian Anabolisme dan Prosesnya

Pengertian anabolisme adalah proses penyusunan senyawa kimia atau molekul kompleks dari senyawa-senyawa sederhana. Proses ini memerlukan energi dari luar. Energi yang dipakai dalam reaksi ini bisa dalam bentuk energi cahaya maupun energi kimia. Energi tersebut lalu dipakai untuk mengikat senyawa-senyawa sederhana tersebut menjadi senyawa yang lebih kompleks. Jadi dalam proses anabolisme, neergi yang dibutuhkan tidak hilang, melainkan tersimpan dalam bentuk ikatan-ikatan kimia pada senyawa kompleks yang terbentuk.

Anabolisme terdiri atas tiga tahapan dasar:

  1. Produksi prekursor seperti asam amino, monosakrida, dan nukleotida.
  2. Senyawa-senyawa tersebut menjadi bentuk reaktif memakai energi dari ATF.
  3. Gabungan prekursor tersebut menjadi molekul kompleks, seperti protein, lemak, polisakrida, dan asam nukleat.

Pengertian Anabolisme

Anabolisme yang memakai sumber energi cahaya disebut fotosintesis, sedangkan anabolisme yang memakai sumber energi zat kimia disebut kemosintesis.

Output anabolisme bermanfaat dalam fungsi yang esensial, seprti glikogen dan protein sebagai bahan bakar bagi tubuh, asam nukleat untuk penyalinan (copying) informasi genetik. Protein, lipid, dan karbohidrat menyusun struktur tubuh makhluk hidup, baik intraselular maupun ekstraselular. Jika sintesis bahan-bahan ini lebih cepat dari perombakannya, maka organsme akan tumbuh.

Demikian pengertian anabolisme dan prosesnya, semoga anda menjadi lebih memahami apa itu anabolisme dan bagaimana prosesnya. Baca juga artikel pendidikan lainnya untuk menambah pengetahuan anda atau bagi anda yang suka pelajaran biologi silahkan lanjutkan dengan membaca artikel biologi.