Pengertian Enzim dan Macam-Macamnya

Cobalah anda memakan nasi lalu kunyah sebanyak 30x. Apakah anda merasakan sensasi manisnya nasi setelah dikunyak berkali-kali? Mengapa hal itu bisa terjadi dan apa penyebabnya? Dalam mulut terjadi pencernaan secara kimiawi oleh enzim amilase (ptialin) yang bekerja menguraikan amilum menjadi maltosa yang rasanya manis. Tapi tahukah anda apa sebenarnya pengertian enzim itu?

Pengertian Enzim

Secara definisi, pengertian enzim adalah senyawa protein yang diproduksi oleh sel-sel makhluk hidup dan berfungsi sebagai biokatalisator. Kata enzim berasal dari bahasa Yunani, yaitu gabungan dari katan en (dalam) dan zyme (ragi).

Enzim meningkatkan laju reaksi metabolisme tetapi tidak ikut bereaksi. Peningkatan laju reaksi yang terjadi paling kecil adalah 106 kali dibandingkan jika tidak dikatalisis.

Zat yang dipengaruhi oleh enzim disebut substrat, sedangkan hasil reaksinya disebut produk. Nama enzim pada umumnya sesuai dengan nama substrarnya dan diberi akhiran -ase. Contohnya lipase (mengubah lipid), selulase (menguraikan selulosa), dan heksokinase (mengubah heksosa). Keseluruhan proses dengan nama enzimnya dapat ditulis sebagai berikut.

Pengertian Enzim

Macam-Macam Enzim

Berdasarkan tempat bekerjanya, macam-macam enzim adalah sebagai berikut:

  1. Enzim Intraseluler adalah enzim yang bekerja didalam sel, contohnya katalase. Enzim katalase mampu menguraikan senyawa hidrogen peroksida (H2O2) yang merupakan racun bagi sel-sel tubuh menjadi senyawa H2O dan O2 yang dapat dimanfaatkan kembali oleh tubuh. H2O merupakan sisa katabolisme asam amino dan asam lemak yang setiap saat dapat terbentuk. Pada hewan dan manusia, katalase banyak terdapat dalam sel hati dan jantung. Sedangkan pada sel tumbuhan, katalase terdapat pada sel umbi kentang.
  2. Enzim Ekstraseluler adalah enzim yang bekerja di luar sel. Contohnya enzim pencernaan yang disekresikan oleh organ pencernaan (pepsin, renin, atau lipase yang disekresikan oleh lambung). Enzim ekstraseluler tersebut mempengaruhi bahan makanan di dalam rongga organ pencernaan dengan kata lain terjadi di luar sel.

Berdasarkan Tipe Reaksi Yang Dikatalis

Berdasarkan tipe reaksi yang dikatalis, enzim dapat digolongkan menjadi 6 kelompok yakni:

  1. Oksidoreduktase, mengatalisis reaksi oksidasi dan reduksi.
  2. Transferasi, mengatalisis pemindahan gugus seperti glikosil, metil, atau fosforil.
  3. Hidrolase, mengatalisis pemutusan hidrolitik C – C, C – O, C – N, atau ikatan lainnya.
  4. Liase, mengkatalisis pemutusan C – C, C – O, C – N, atau ikatan lain dengan eliminasi atom yang menghasilkan ikatan rangkap.
  5. Isomerase, mengatalisis perubahan geometrik atau struktural dalam satu molekul.
  6. Ligase, mengatalisis penyatuan dua molekul yang dikaitkan dengan hidrolisis ATP (adenosine triphosphate).

Sumber Referensi:

  • Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XII. Erlangga
  • Sembiring, Langkah. 2009. Biologi: Kelas XII Untuk SMA dan MA. Departemen Pendidikan Nasional

Baca juga artikelensi berikut:

Demikian penjelasan apa pengertian enzim, macam-macam enzim, dan tipe reaksi yang dikatalis. Setelah membaca uraian diatas, pembaca diharapkan dapat menjawab pertanyaan guru: apakah pengertian enzim dan sebutkan jenis-jenis enzim.