Pengertian Perusahaan Dagang, Jenis-jenis, dan Ciri-cirinya

Ada 3 jenis perusahaan yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Pengertian Perusahaan Dagang, jenis, dan ciri-cirinya akan dibahas lengkap di artikel ini.

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk ataupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini mendapatkan pendapatan dari penjualan barang dagangannya.

Pengertian Perusahaan Dagang

Ilustrasi Toko

Contoh perusahaan dagang yaitu toko buku, toko perlengkapan ATK dan perlengkapan sekolah, serta toko elektronik. Toko jenis ini hanya menjual barang dagangannya tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut.

Kelebihan perusahaan dagang yakni :

  • karena menjual barang tanpa mengolah atau merubah bentuk sehingga kualitas terjaga.
  • Menjual barang tanpa proses pengolahan terlebih dahulu sehingga kualitas barang terjaga dan dapat diketahui konsumen secara langsung.

Kelemahan perusahaan dagang yakni :

  • Butuh tempat untuk display barang.
  • Butuh gudang untuk tempat penyimpanan barang.
  • Butuh alat pengangkutan untuk mengantarkan barang ke tempat konsumen.
  • Adanya retur sehingga barang yang sudah dibeli konsumen dapat dikembalikan sehingga perusahaan tidak jadi mendapatkan penghasilan .

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu berdasarkan produk yang diberdayakan dan macam konsumen yang terlibat. Macam-macam perusahaan dagang yakni :

1. Jenis-Jenis Perusahaan Dagang Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan

  • Perusahaan Dagang Barang Produksi adalah perusahaan yang memperdagangkan produk bahan baku (raw material) sebagai bahan dasar pembuatan produk atau alat-alat produksi untuk menghasilkan produk lain. Contohnya kayu gelondongan dan mesin gergaji.
  • Perusahaan Dagang Barang Jadi adalah perusahaan yang memperdagangkan produk final (final good) yang siap pakai untuk dikonsumsi manusia. Seperti buku, sepatu, sendal, TV LED, Komputer PC, dan lain-lain.

2. Jenis-Jenis Perusahaan Dagang Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat

  • Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler) adalah perusahaan yang membeli produk dari pabrik dalam jumlah yang besar secara langsung. Perusahaan ini lalu menjual barangnya ke sebagian pedagang dengan perantara yang volume penjualan yang cukup besar. Contohnya grosir.
  • Perusahaan Dagang Perantara (Middleman) adalah perusahaan yang membeli dalam partai besar untuk dijual kembali ke pengecer dalam jumlah sedang. Contoh perusahaan dagang besar adalah subgrosir.
  • Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer) adalah perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen dimana konsumen dapat membeli secara eceran atau ketengan. Contohnya adalah warung, kios, minimarket, toserba, dan toko swalayan.

Ciri-ciri Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan jasa dan manufaktur. Beberapa karakteristik atau ciri-ciri perusahaan dagang yang utama adalah sebagai berikut :

  1. Penghasilan diperoleh dari hasil penyerahan/penjualan barang dagangan.
  2. Bentuk dan fungsi dari barang dagangan yang diperjualbelikan tidak diubah.
  3. Rekening-rekening yang terdapat pada perusahaan dagang antara lain: pembelian atau persediaan barang dagangan, retur dan pengurangan harga pembelian, potongan pembelian, beban angkut pembelian, penjualan, retur dan pengurangan harga penjualan, potongan penjualan, harga pokok penjualan(HPP), dan beban/biaya angkut penjualan.
  4. Beban usaha perusahaan dibedakan dalam dua kelompok, yaitu beban pemasaran dan beban administrasi umum.Beban pemasaran adalah semua beban yang ditanggung / dikeluarkan dalam rangka penyerahan barang
    dagangan kepada konsumen (contohnya gaji pegawai bagian pemasaran, beban angkut penjualan). Sedangkan beban administrasi umum adalah beban yang ditanggung atau dikeluarkan dalam rangka pengelolaan/ manajerial perusahaan (misalnya, gaji pegawai bagian kantor, pemakaian perlengkapan kantor, dan lain-lain).

Demikian informasi Pengertian Perusahaan Dagang, jenis, dan ciri-cirinya. Mudah-mudahan penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika penjelasan diatas berguna silahkan anda share ke teman-teman anda.

Beberapa hal yang dibahas dalam artikel ini:

pengertian perusahaan dagang; jenis jenis perusahaan dagang; jenis perusahaan dagang; contoh perusahaan dagang; jenis-jenis perusahaan dagang; jelaskan pengertian perusahaan dagang; pengertian lengkap tentang perusahaan dagang beserta contohnya;