Penggunaan Produk Fotosintesis

Sekararang kami ajak pembaca untuk memahami salah satu materi penting di Biologi tentang penggunaan produk fotosintesis oleh tumbuh-tumbuhan yang selanjutkan akan dibahas secara lengkap agar pembaca mudah paham mengenai hasil fotosintesis.

Gula berkarbon 3 yang dihasilkan dalam siklus Calvin dipakai oleh tumbuhan untuk mensintesis semua molekulorganik sel tumbuhan. Kurang lebih 50 persen dari senyawa organik yang dihasilkan dalam fotosintesis tersebut dikonsumsi sebagai bahan bakar untuk respirasi sel di dalam mitokondria dan sebagian lagi akan hilang saat terjadi fotorespirasi.

Fotorespirasi atau respirasi cahaya adalah respirasi yang terjadi secara bersamaan dengan fotosintesis yang terjadi di siang hari (ada cahaya). Ketika terjadi fotorespirasi, enzim rubisko dapat menerima O2 sebagai pengganti CO2 sehingga Rubisko memberikan O2 dalam siklus Calvin, bukan CO2. Dalam hal ini dihasilkan produk senyawa berkarbon 2 yang akan diurai menjadi CO2 di dalam mitokondria dan peroksisom. Fotorespirasi tidak menghasilkan ATP (Adenosin Trifosfat dengan rumus C10H16N5O13P3) maupun makanan sehingga menurunkan kualitas produksi fotosintesis. Fotorespirasi akan meninkat jika keadaan lingungan panas terik dan kering yang mengakibatkan stomata tertutup.

Penggunaan Produk Fotosintesis
Pada tanaman tebu, penggunaan produk fotosintesis dimana kelebihan hasilnya disimpan di bagian batangnya

Tetapi pada tumbuhan jenis C4 (tumbuhan yang produk fotosintesisnya berupa gula berkarbon 4, contohnya tebu, jagung, dan beberapa jenis rumput) dan CAM (Crassulacean acid metabolism yaitu tumbuhan sukulen seperti kaktus), sebagian senyawa organik karbohidrat yang dihasilkan fotosintesis akan dikirim ke luar daun melalui berkas pembuluh floem. Di dalam sel nonfotosintesis, karbohidrat dipakai untuk bahan respirasi sel serta sintesis protein, lemak, polisakridam selulosa, enzim, hormon, dan produk lainnya. Jika kondisi memungkinkan, tumbuhan akan membuat senyawa organik melebihi jumlah yang dibutuhkan. Kelebihan produk fotosintesis akan diubah menjadi pati yang dapat disimpan di akar, batang, biji, atau buah. Contohnya tanaman tebu dimana kelebihan hasil fotosintesis disimpan di batang.

Sekian penjelasan lengkap mengenai penggunaan produk fotosintesis, semoga mudah dipahami oleh pembaca. Kami harapkan juga nilai pelajaran biologi di sekolah anda menjadi lebih baik setelah membaca info artikel pendidikan ini. Dalam website ini tersedia juga berbagai konten materi sekolah yang bagus. Silahkan membacanya.