Respirasi Aerob: Pengertian dan Tahapannya

Pengertian respirasi aerob adalah bentuk respirasi internal (respirasi sel) yang memerlukan oksigen (O2 untuk menghasilkan energi secara bertingkat melalui serangkaian reaksi.

Reaksi respirasi aerob melibatkan penggunaan oksigen. Secara sederhana reaksi ini dapat dirumuskan sebagai berikut.

C6H12O6 + 6O2 → 6H2O + 6Co2 + Energi (ATP dan Panas)

Reaksi kimia pada respirasi aerob dapat dibagi menjadi empat tahap, yakni glikolisis, dekarboksilasi oksidatif (reaksi transisi/reaksi antara), siklus Krebs (siklus asam sitrat), dan rantai transpor elektron.

Respirasi Aerob

Respirasi Aerob (panah merah) adalah sarana utama bagi jamur dan hewan memanfaatkan energi kimia dalam bentuk senyawa organik yang dibuat sebelumnya melalui fotosintesis (panah hijau). (Gambar Credit to Wikipedia)

A. Glikolisis

Glikolisis (penguraian gula) adalah reaksi perubahan bahan bakar organik (glukosa/gula berkarbon 6) menjadi 2 molekul asam piruvat (asam berkarbon 3). Reaksi glikolisis terjadi di sitosol (luar mitokondria.

Baca selengkapnya mengenai glikolisis.

B. Dekarboksilasi Oksidatif (Reaksi Transisi)

Dekarboksilasi oksidatif merupakan reaksi diantara glikolisis dan siklus Krebs, yaitu reaksi pengubahan molekul asam piruvat (Beratom 3 C) menjadi asetil ko-A (beratom 2 C).

C. Siklus Krebs (Siklus Asam Sitrat)

Reaksi pada siklus Krebs terjadi dalam matriks mitokondria. Dinamakan Siklus Krebs karena yang mengemukakan siklus ini adalah Sir Hans Adolf Krebs, seorang ilmuwan Jerman-Inggris pada tahun 1937.

Baca selengkapnya mengenai siklus krebs

D. Rantai Transpor Elektron

Rantai transpor elektron terjadi pada bagian krista (membran dalam mitokondria). Pada rantai transpor elektron, NADH dan FADH2 yang dihasilkan dalam glikosis, dekarboksilasi oksidatif dan siklus Krebs akan membebaskan energi tinggi pada waktu melepaskan elektron dan H+.

Baca selengkapnya mengenai rantai transpor elektron.

Demikian penjelasan artikelensi tentang respirasi aerob. Setelah anda memahami materi ini silahkan dilanjutkan dengan membaca respirasi anaerob.