4 Ciri-Ciri Hak Asasi Manusia (HAM)

Setelah anda memahami pengertian HAM, sekarang akan dijelaskan apa ciri-ciri hak asasi manusia yang melekat pada setiap insan.

Penerapan hak asasi manusia (HAM) tidak dapat dilepaskan dari kewajiban dan tanggung jawab asasi manusia. Antara hak, kewajiban dan tanggung jawab merupakan keterpaduan yang berlangsung secara seimbang. Bila ketiga unsur asasi yang ada pada setiap individu tidak berjalan seimbang maka dapat dipastikan akan menyebabkan kekacauan dan kesewenang-wenangan dalam tatanan kehidupan manusia.

Ciri-ciri Hak Asasi Manusia

Ciri-Ciri Hak Asasi Manusia (HAM)

Ada 4 ciri-ciri utama HAM yang perlu anda ketahui untuk memahami makna atau esensi dibalik istilah Hak asasi manusia itu sendiri.

1. HAM Tidak Dapat Dicabut

HAM itu tidak dapat dicabut, artinya hak asasi manusia tidak dapat dihilangkan oleh orang lain, diserahkan kepada orang lain, ataupun diwarisi kepada pihak lain.

2. HAM Tidak Dapat Dibagi

HAM itu tidak dapat dibagi. Sebab semua orang berhak mendapatkan semua hak, apakah hak sipil dan politik atau hak sosial, ekonomi, dan budaya.

3. HAM Bersifat Hakiki

Hak asasi manusia bersifat hakiki yang sudah ada sejak kita dilahirkan. HAM adalah bagian dari manusia secara otomatis.

4. HAM Bersifat Universal

Hak asasi manusia berisfat universal, artinya HAM berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, jenis kelamin, suku agama ras dan antar golongan (SARA), dan pilihan politik. Persamaan adalah salah satu dari ide-ide hak asasi manusia yang mendasar.

Hak asasi manusia, di pihak lain, menimbulkan kewajiban-kewajiban asasi. Benturan kepentingan antara seseorang dengan yang lain sering terjadi. Dalam penerapannya, hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara mutlak karena dapat mengakibatkan pelanggaran terhadap hak asasi manusia orang lain. Oleh karena itulah perlu adanya peraturan untuk menjamin penegakan HAM seseorang atau suatu pihak tidak merugikan orang atau pihak lain.

Demikian telah dijelaskan 4 ciri-ciri hak asasi manusia (HAM) yang ada terdapat pada setiap individu sejak ia dilahirkan. Setelah kini anda paham ciri HAM maka anda harus menghargai setiap hak-hak teman dan orang lain. Semoga bermanfaat.