Contoh simbiosis komensalisme Pada Hewan dan Tumbuhan

Contoh simbiosis komensalisme banyak terjadi dintara dua jenis makhluk hidup di dunia. Secara definisi, pengertian simbiosis komensalisme adalah pola interaksi antara dua jenis makhluk hidup dimana salah satu pihak mendapatkan keuntungan sedangkan pihak lainnya tidak untung dan tidak pula rugi.

Contoh simbiosis komensalisme bisa terjadi dikehidupan darat maupun laut. Dari buku pelajaran IPA atau biologi, maka berikut ini adalah pola interaksi hubungan komensalisme yang terjadi antar makhluk hidup.

contoh simbiosis komensalisme

Contoh Simbiosis Komensalisme

Beberapa contoh simbiosis komensalisme pada hewan dan tumbuhan antara lain :

1. Ikan Remora dan Ikan Hiu

Ikan remora dapat perlindungan dari predator yang akan memangsanya, sehingga ikan remora merasa aman dalam mencari makanan. Adapun ikan hiu tidak mendapatkan keuntungan dan juga tidak mendapatkan kerugian akibat kehadiran ikan remora.

2. Ikan Remora dan Ikan Pari

Seperti halnya dengan ikan hiu, simbiosis antara ikan remora dan ikan pari terjadi secara komensalisme. Ikan remora mendapatkan makanan sisa dari makanan yang dimakan oleh ikan pari. Sedangkan ikan pari tidak untung dan tidak pula rugi akibat kehadiran ikan remora.

3. Tanaman Sirih dan Tanaman Inangnya

Tanaman sirih mendapatkan keuntungan karena dapat merambat pada tanaman inangnya, sementara tanaman inangnya tidak dirugikan maupun tidak diuntungkan karena tanaman sirih tidak mengambil makanan inangnya.

4. the Goby dan Bulu Babi

the Goby mendapatkan keuntungan berupa keamanan lewat bulu babyi yang mengandung racun. Sedangkan Bulu Babi tidak diuntungkan dan tidak dirugikan akibat kehadiran the Goby.

5. Tanaman Paku dan Pohon Jati

Tanaman paku diuntungkan karena menempel pada pohon jati, sedangkan pohon jati tidak diuntungkan dan tidak dirugikan akibat adanya tanaman paku yang menempel batang pohonnya.

6. Bakteri Pembusuk di usus manusia dan manusia

Bakteri pembusuk yang hidup dalam usus kita mampu menyerap zat-zat makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Kehadiran bakteri pembusuk ini pada umumnya tidak merugikan kesehatan manusia.

7. Anggrek Bulan dan Pohon Mangga

Tanaman anggrek untung dengan menempel pada pohon mangga sebagai tempat hidupnya, sedangkan pohon mangga tidak untung dan tidak pula rugi oleh kehadiran tanaman anggrek yang menempeli dirinya.

8. Ikan Badut dan Anemon Laut

Ikan badut diuntungkan dari mangsanya karena terlindungi oleh tentakel anemon laut. Anemon mampu mengeluarkan zat racun yang bisa melukai ikan yang mengunjunginya. Tetapi ikan badut tidak terluka karena kemampuan kulitnya dalam mengeluarkan lendir pelindung. Akibat kehadiran ikan badut, anemon ikan laut tidak diuntungkan dan tidak pula dirugikan.

Demikian contoh simbiosis komensalisme pada pada hewan dan tumbuhan. Semoga bermanfaat bagi pembaca artikelensi.