Contoh Simbiosis Mutualisme Pada Hewan dan Tumbuhan

Contoh simbiosis mutualisme perlu dibahas sebab untuk mengerti apa itu simbiosis maka kita harus tahu contohnya apa. Tapi sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kalau anda membaca artikel contoh simbiosis komensalisme ini lalu pahami terlebih dahulu apa pengertian simbiosis dan simbiosis mutualisme.

Pengertian simbiosis mutualisme adalah pola interaksi antara dua organisme yang hidup secara berdampingan dan berbeda jenis. Adapun mahkluk hidup yang melakukan simbiosis diantara mereka disebut dengan istilah simbolon. Ada banyak contoh Simbiosis Mutualisme dalam kehidupan dunia hewan dan tumbuhan yang mana penjelasannya akan dipaparkan pada tulisan dibawah ini.

kerbau-burung-jalak

Contoh Simbiosis Mutualisme

Contoh simbiosis mutualisme di dunia hewan dan tumbuhan antara lain :

1. Kerbau dan Burung Jalak

Dalam simbiosis ini burung jalak diuntungkan karena memperoleh makanan berupa kutu yang menempel pada tubuh kerbau. Dalam simbiosis ini kerbau juga diuntungkan karena bersih kulitnya kini bersih dari kutu karena kutunya telah dimakan oleh burung Jalak.

2.Bunga dan Lebah

Dalam simbiosis ini lebah mendapatkan makanan dari bunga berupa sari bunga. Dalam simbiosis ini bunga dibantu oleh lebah dalam proses penyerbukan.

3.Zebra dan Burung Oxpecker

Dalam simbiosis ini Burung Oxpecker mendapat makananan berupa parasit. Dalam simbiosis ini Zebra juga untung sebab parasit di tubuhnya dimakan dan juga burung oxpecker dapat memberi tanda seandainya ada pemangsa yang datang. Jika pemangsa datang burung ini akan segera pergi sambil menjerit.

4. Kelelawar Berbulu Wol dan Kantung Semar

Dalam simbiosis ini kelelawar berbulu wol mendapat tempat tinggal yang nyaman. Dalam simbiosis ini kantung semar memperoleh makanan dari kotoran kelelawar berbulu wol.

5. Ikan Badut dan Anemon Laut

Dalam simbiosis ini ikan badut bisa bersembunyi pada anemon laut seandainya pemangsa datang. Ikan badut juga memperoleh makanan berupa parasit pada anemon laut. Dalam simbiosis ini anemon laut dilindungi oleh ikan badut dari pemangsa dan juga parasit pada anemon laut akan dimakan oleh ikan badut.

6.Buaya dan Burung Plover

Dalam simbiosis ini burung plover memakan kotoran sisa makanan yang ada di gigi buaya. Dalam simbiosis ini gigi buaya dibersihkan dan dihandarkan dari penyakit yang dapat disebabkan dari sisa makanan di giginya.

7. Manusia dan Bakteri Eschereria coli

Dalam simbiosis ini manusia memperoleh vitamin B12 dari bakteri dan membantu proses pembusukkan. Dalam simbiosis ini bakteri Eschereria coli memperoleh tempat untuk hidup.

Demikian contoh simbiosis mutualisme pada hewan dan tumbuhan. Semoga bermanfaat bagi pembaca artikelensi.