Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Manusia memiliki macam-macam kebutuhan yang akan diusahakan untuk dipenuhi selama hidupnya. Lantas apa itu kebutuhan? Pengertian kebutuhan adalah suatu keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang perlu dipenuhi untuk mempertahankan hidupnya.

Kebutuhan merupakan salah satu aspek psikologis yang mendorong/menggerakkan manusia dalam melakukan aktivitas kehidupan dan menjadi alasan/motivasi mengapa ia melakukan aktivitas tersebut. Setiap orang memiliki kebutuhan hidup yang berbeda-beda. Kebutuhan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selama hidupnya, manusia memerlukan berbagai kebutuhan. Seperti: makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, agama, lingkungan, dan waktu. Semakin tinggi level kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi kebutuhan masyarakat tersebut yang harus dipenuhi. Contohnya, kebutuhan masyarakat perkotaan berbeda dengan kebutuhan masyarakat suku pedalaman. Karena kondisi yang berbeda itulah, maka pada umumnya pemerintah memiliki strategi kebijakan yang berbeda dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

macam-macam-kebutuhan

Macam-macam kebutuhan

A. Kebutuhan Berdasarkan Kategori mendesak atau tidak

Macam-macam kebutuhan dilihat dari segi mendesak atau tidaknya :

1. Kebutuhan primer

Yaitu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi supaya dapat exist untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya: kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

2. Kebutuhan sekunder

yaitu kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contohnya televisi, alat rumah tangga.

3. Kebutuhan tersier (mewah)

yaitu kebutuhan terhadap barang ewah dan kebutuhan ini akan dipenuhi setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder. Contohnya mobil, berlian, jalan-jalan keluar negeri.

B. kebutuhan Berdasarkan Kategori Waktu

Macam-macam kebutuhan dilihat dari segi waktu adalah sebagai berikut:

1. Kebutuhan sekarang

Yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga dan tidak dapat ditunda. COntohnya : Obat bagi orang yang sakit, makanan pada saat lapar, payung pada saat hujan.

2. Kebutuhan masa depan

Yaitu kebutuhan yang penyediaannya diusahakan waktu sekarang tapi digunakan untuk masa yang akan datang. Contohnya : tabungan untuk masa depan, asuransi pendidikan anak.

C. kebutuhan berdasarkan Kategori Sifat

Macam-macam kebutuhan dilihat dari segi sifat adalah sebagai berikut:

1. Kebutuhan jasmani

yaitu kebutuhan untuk memelihara fisik manusia. Contohnya istirahat, makanan, pakaian.

2. Kebutuhan rohani

Yaitu kebutuhan untuk memenuhi kepuasan batin. Contohnya ibadah, umroh, haji.

D. Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Subyek Yang Dibutuhkan

Macam-macam kebutuhan dilihat dari segi subyek subyek yang dibutuhkan, yaitu :

1. Kebutuhan individual

Yaitu kebutuhan yang diperuntukkan bagi tiap individu. Contohnya : kebutuhan nelayan berbeda dengan kebutuhan petani. Nelayan membutuhkan kapal untuk melaut sementara petani membutuhkan traktor dan pupuk.

2. Kebutuhan Kolektif/Kelompok

Yaitu kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat umum. Contohnya : jalan, jembatan, angkutan umum, pasar, rumah sakit, dan sekolah.

Demikian penjelasan macam-macam kebutuhan manusia dan contohnya. Semoga bermanfaat.