Pengertian Global

Dewasa ini kata global sering kali kita dengar. Apa pengertian global? Agar anda memahami definisi global, simak beberapa penjelasan yang berhubungan dengan kata global berikut ini.

Pengertian Global

Pengertian pasar global adalah pasar terbuka bagi seluruh pelaku usaha yang sudah berskala dunia atau sering disebut dengan istilah pasar internasional. Contoh pasar global adalah Pasar Bebas Asean (Asean Economic Community), Kerjasama Ekonomi Asia Pasific (APEC), zona perdagangan bebas ASEAN (AFTA) dan perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan (GATT).

Pengertian perspektif global adalah sudut pandang yang berhubungan dengan seluruh dunia bukan hanya wilayah atau negara tertentu saja. Sederhananya, perspektif global adalah pandangan yang melibatkan sudut pandang seluruh dunia.

Pengertian pemanasan global adalah pemanasan yang terjadi dan mencakup seluruh kawasan di dunia, tidak hanya pada suatu wilayah atau negara tertentu saja.

Pengertian global positioning system (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit yang menyajikan informasi mengenai lokasi dan waktu pada semua kondisi cuaca di dunia.

Dari contoh definisi global di atas dapat kita simpulkan bahwa istilah global merujuk pada hal yang bersifat umum, luas, serta menyeluruh.

Pengertian global menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) yakni:

  • secara umum dan keseluruhan; secara bulat; secara garis besar
  • bersangkut paut, mengenai, meliputi seluruh dunia.

Isu pemanasan global (global warming) sering dimuat dalam berita dan buku sekolah. Para aktivis pecinta lingkungan sering menyuarakan isu ini pada berbagai kesempatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang ancaman kerusakan lingkungan.

Pemanasan global adalah pemanasan di dunia yang ditandai dengan semakin naiknya suhu di bumi. Hal ini terjadi karena peningkatan gas rumah kaca yang terperangkap di bumi seperti uap air, karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), dan metana (CH4). Selain itu, faktor pencemaran atau polusi udara, kerusakan hutan, dan penggunaan chlorofluorocarbon (CFC) yang tidak terkendali merupakan penyebab lain dari fenomena pemanasan global. Dampaknya kini kita dapat merasakan berupa gejala iklim yang tidak stabil, meningkatnya permukaan laut, suhu bumi yang terus naik, dan kepunahan spesies hewan.

Selain itu, ada juga kata populer ‘globalisasi’. Pengertian globalisasi adalah proses yang menyebar luas ke seluruh dunia, dimana segala sesuatu dapat disebarkan dengan mudah ke seluruh dunia tanpa terikat batas-batas wilayah. Dampak globalisasi semakin cepat berkat kemajuan teknologi informasi seperti internet.

Dari penjelasan diatas, semoga kini pembaca memahami apa pengertian global dan dapat menjelaskannya dengan baik dan benar.