Pengertian Metabolisme

Setelah sebelumnya anda mempelajari pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, mari kita membahas apa pengertian metabolisme dan bagaimana proses metabolisme.

Kata metabolisme sering muncul dalam istilah biologi dan kesehatan. Untuk itulah pembaca kami ajak untuk mengenal lebih jauh makna pengertian metabolisme pada makhluk hidup.

Pengertian Metabolisme

Secara definisi, pengertian metabolisme adalah reaksi kimiawi untuk mengubah berbagai zat yang menghasilkan energi maupun mengeluarkan energi yang terjadi di dalam sel-sel tubuh. Kata metabolisme berasal dari bahasa Yunani yakni metabolismos yang artinya berubah.

Proses metabolisme dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu katabolisme dan anabolisme.

Katabolisme merupakan reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dan menghasilkan energi (reaksi eksergonik). Senyawa kompleks yang diuraikan dapat berubah karbohidrat, lemak, dan protein.

Adapun anabolisme merupakan kebalikan dari katabolisme. Anabolisme adalah reaksi penyusunan dari senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks dan membutuhkan energi (reaksi endergonik).

Dalam sel tubuh terjadi ribuan reaksi metabolisme yang sangat kompleks, seperti yang dapat digambarkan pada diagram kompleksitas metabolisme dibawah ini.

Pengertian Metabolisme
Diagram Kompleksitas Metabolisme (Image Irnaningtyas:2013)

Pada diagram kompleksitas metabolisme terdapat titik-titik yang menggambarkan molekul-molekul dan garis-garis yang menggambarkan reaksi kimiawi yang mentransformasikan molekul-molekul tersebut. Titik dan garis keduanya membentuk jalur-jalur metabolisme dengan urutan tahapan reaksi tertentu.

Proses metabolisme baik katabolisme maupun anabolisme melibatkan sejumlah enzim dan ATP (adenosine triphosphate). Fungsi enzim penting karena diperlukan sebagai katalisator untuk mempercepat terjadinya reaksi. Setiap reaksi membutuhkan enzim-enzim yang spesifik. Sedangkan ATP dibutuhkan sebagai penyedia energi untuk berlangsungnya reaksi.

Sumber Referensi:

  • Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XII. Erlangga
  • Sembiring, Langkah. 2009. Biologi: Kelas XII Untuk SMA dan MA. Departemen Pendidikan Nasional

Baca juga artikelensi berikut:

Demikian penjelasan tentang pengertian metabolisme makhluk hidup. Setelah membaca uraian diatas, kami harap pembaca dapat menjawab pertanyaan guru anda: Apakah pengertian metabolisme dan jelaskan 2 macam metabolisme.