Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Penjelasan pengertian perubahan sosial menurut para ahli seperti Selo Soemardjan, Kingsley Davis, George Ritzer, Gillin, Samuel Koenig, Robert Maclver, William F.Ogburn, dan Emile Durkheim

Perubahan sosial memiliki makna yang luas dan mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, seperti sosial, ekonomi, dan politik. Oleh sebab itu perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat terkait dengan perubahan nilai, pola, perilaku, organisasi sosial, pelapisan sosial, kekuasaan, dan segi kemasyarakatan lainnya.

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial

Berikut definisi perubahan sosial menurut pandangan para ahli:

a. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

b. Kingsley Davis

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam mayarakat kapitalis telah menyebabkan terjadinya perubahan hubungan antara buruh dan pemilik usaha. Demikian juga dengan organisasi lain baik organisasi ekonomi, politik, dan sosial (ormas).

c. George Ritzer

Perubahan sosial mengacu pada bermacam hubungan antar individu, kelompok, organisasi, kultur, dan masyarakat pada waktu tertentu.

d. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

Perubahan sosial adalah suatu aneka cara hidup yang sudah diterima baik karena perubahan kondisi georgrafis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi atau penemuan baru dalam masyakarat.

e. Samuel Koenig

Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi ini dapat terjadi karena faktor-faktor intern maupun ekstern.

f. Robert Maclver

Perubahan sosial adalahb perubahan dalam hubungan sosial (social relationship) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

g. William F. Ogburn

Perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologi yang menyebabkan terjadinya perubahan aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang mempengaruhi pola pikir masyarakat.

h. Emile Durkheim

Perubahan sosial terjadi karena hasil dari faktor ekologi dan demografi, yang mengubah tatanan kehidupan masyarakat dari pola hidup tradisional ke pola hidup modern.

Bagi masyarakat, perubahan sosial dapat juga berupa kemajuan (progress) atau bahkan kemunduruan (regress).

Perubahan sosial dalam bentuk progress artinya mampu menciptakan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain, perubahan yang bersifat progress dapat diartikan sebagai proses pembangunan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Adapun perubahan sosial dalam bentuk regress artinya perubahan yang terjadi dalam masyarkat justru memberi pengaruh negatif yang tidak menguntungkan dalam aspek tertentu bagi masyarakat. Contohnya:

  • Penggunaan teknologi mesin di kawasan pedesaan menyebabkan nilai gotong royong menjadi luntur.
  • Penemuan nuklir sebagai suatu kemajuan di bidang pertahanan dan keamanan juga dapat digunakan sebagai senjata pemusnah massal.

Secara sosiologis, kita dapat mengetahui bahwa perubahan sosial akan selalu berdasarkan suatu pola dan arah tertentu yang dapat dipelajari. Jadi kami sarankan pembaca membaca :

Sumber referensi Pengertian Perubahan Sosial:

  • Maryati, Kun dan Suryawati, Juju. 2014 Sosiologi. Erlangga
  • Soemardjan Selo dan Soeleman Soemardi, 1974, Setangkai Bunga Sosiologi. Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
  • Soekanto, Soerjono. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada.
  • Wrahatnala, Bondet. 2009. Sosiologi. Departemen Pendidikan Nasional

Demikian penjelasan tentang pengertian perubahan sosial menurut para ahli. Semoga anda semakin paham definisi perubahan sosial (social change) yang selalu terjadi dalam masyarakat.