Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian sosiologi menurut pengertian para ahli sosiolog. Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh filsafat, moralis, dan sosiolog Perancis bernama Auguste Comte melalui tulisannya yang berjudul Cours de Pholosophie Positive (1798-1857).

Berdasarkan asal kata, sosologi berasal dari kata socius dan logos. Dalam bahasa Latin, socius artinya teman/sesama. Sedangkan logos artinya ilmu. Jadi secara definisi sosiologi secara harfiah artinya membicarakan atau memperbincangkan pergaulan hidup manusia.

Pengertian sosiologi tersebut diatas pada akhirnya diperluas menjadi sosiologi merupakan ilmu pengertahuan yang membahas dan mempelajari kehidupan manusia dalam masyarakat.

Sosiologi sudah muncul sejak ratusan atau ribuan tahun silam. Namun sebagai sebuah ilmu, sosiologi sebagi ilmu yang mempelajari kehidupan masyarakat itu baru lahir di Eropa pada abad 18 M.

Sejak abad 15-19 Masehi, Eropa boleh dikatakan menjadi pusat tumbuhnya peradaban dunia. Para ilmuwan ketika itu mulai menyadari perlunya disiplin ilmu yang khusus mempelajari perubahan kondisi sosial masyarakat. Para ilmuwan Barat lalu berupaya membangun teori sosial berdasarkan ciri-ciri hakiki masyarakat pada setiap tahapan peradaban manusia.

Dalam buku Cours de Philosophie Positive, Comte menyebutkan ada tiga tahap perkembangan intelektual yang mana masing-masing merupakan perkembangan dari tahap sebelumnya. Tiga tahapan perkembangan intelektual menurut Comte adalah sebagai berikut :

  1. Tahap Teologis. Merupakan tingkat pemikiran manusia bahwa semua benda di dunia memiliki jiwa dan itu disebabkan oleh suatu kekuatan yang berada di atas manusia.
  2. Tahap Metafisi. Pada tahapan ini manusia menganggap bahwa pada setiap gejala terdapat kekuatan atau inti tertentu yang pada akhirnya akan dapat diungkapkan karena adanyanya kepercayaan bahwa setiap cita-cita terkait pada suatu realitas tertentu dan tidak ada usaha untuk menemukan hukum-hukum alam yang seragam.
  3. Tahap Positif. Merupakan tahapan dimana manusia mulai berpikir secara ilmiah. Comte kemudian membedakan antara sosiologi statis dan sosiologi dinamis. Sosiologi statis memusatkan perhatian pada hukum statis yang menjadi dasar adanya masyarakat. Sementara sosiologi dinamis memusatkan perhatian tentang perkembangan masyarakat dalam arti pembangunan.
Pengertian Sosiologi
Ilustrasi Sosiologi Yang melihat Bagaimana Perilaku Orang Dalam Kelompok Sosial

Pengertian Sosilogi Menurut Para Ahli

Berikut definisi sosiologi yang dikemukakan oleh para ahli.

1. Pengertian sosiologi menurut Sorokin

Menurut sorokon, sosiologi artinya :

  • Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral).
  • Sosiologi adalah ilmu yang mempelahari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala nonsosial.
  • Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lainnya.

2. Pengertian Sosiologi Menurut Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

3. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

4. J.A.A Von Dorn dan C.J.Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur dan proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

5. Max Weber

Salah satu sosiolog terkenal adalah Max Wever. Definisi sosiologi menurut Max Weber yaitu ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

6. Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk peruabahan sosial.

7. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan pada penelaahan kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

8. Soejono Sukamto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berupaya untuk mendapatkan pola-pola umum dalam kehidupan masyarakat.

9. Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku manusia, terutama pada sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut dapat mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

10. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

Dari berbagai pengertian sosiologi menurut para ahli diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa sosiologi adalah ilmu yang membahas apa yang sedang terjadi saat ini khususnya pola hubungan sosial masyarakat serta berusaha mencari pengertian umum, rasional, empiris, serta bersifat umum. Demikian pembahasan definisi sosiologi semoga pembaca artikelensi menjadi lebih paham definisi ilmu sosiologi.